Sabtu, 04 Maret 2017

Alexander Nevsky, Sang Penyelamat Timur dan Kristen Ortodox



Selamat malam, sudah lama saya tidak menulis di blog ini. Kali ini saya akan membahas tentang sejarah Eropa Timur abad pertengahan, tetapi kali ini saya akan membahas biografi seorang tokoh yang bernama Alexander Nevsky yang gambarnya berada diatas artikel ini. Siapakah Alexander Nevsky? Mari kita bahas,

Alexander Nevsky merupakan seorang pangeran Novgorod lahir di Pereslavl-Zalessky, Vladimir-Suzdal yang sekarang berada di wilayah Rusia. Kievan Rus yang menjadi cikal bakal modern sedang berganti menjadi Negara Novgorod. Negara ini mempunyai basis Kristen Ortodox yang cukup besar akibat hasil dari migrasi Kekaisaran Byzantium yang semakin melemah akibat tekanan dari orang-orang Saracen(sebutan orang Eropa untuk Arab Timur Tengah) dan Turki.

Pada sekitar abad ke-13,Bangsa Mongol yang sedang menuju puncak keemasan dibawah Jengis Khan merebut sebagian besar wilayah Novgorod dan menjadikan Novgorod negara bawahan Mongol tepatnya Mongol Gorden Horde. Hal ini menjadikan kesempatan bagi para Katolik Roma untuk menaklukkan daerah ini karena daerah ini tidak mau mengakui kepausan di Vatikan karena berbeda keyakinan.

Pada waktu itu, Alexander Nevsky dikucilkan oleh orang-orang kaya Novgorod akibat berbeda paham tentang tunduknya Novgorod terhadap Mongol. Namun mendengar ancaman Raja Swedia yang ingin menyerang Novgorod karena diming-imingi bantuan dan doa oleh Paus, Alexander Nevsky diminta untuk mempertahankan Novgorod dan hasilnya pasukan Swedia kalah.

Pada tahun 1242, pasukan besar dari kepausan Roma dan Ordo Teutonik(Ordo yang disiapkan untuk Perang Salib di Tanah Suci Jerussalem) bergabung untuk mennyerang Novgorod dan memaksa mereka untuk mengakui kepausan. Mendengar hal ini, orang-orang kaya Novgorod kembali meminta Alexander Nevsky untuk mengangkat senjata melawan invasi dari Barat ini. Alexander Nevsky kembali menyanggupi permintaan ini. Paus juga menganggap ini adalah perang Salib menyusul kefrustasian pihak Roma untuk menaklukkan Jerussalem.

Pasukan Alexander Nevsky, berkumpul di sekitaran Danau Peipus yang membeku yang membuatnya disebut pertempuran Es, kekuatan sebenarnya cukup berimbang namun pasukan Barat memakai baju zirah yang tebal, tidak seperti pasukan Alexander Nevsky.

Pasukan Alexander Nevsky berpura-pura lari ke Danau Beku namun ini adalah siasat. Ketika pasukan musuh sampai di Danau Beku ini, mereka dihujani oleh pemanah dan sergapan kavaleri. Banyak diantara mereka tewas, Retakan Danau Es juga mengakibatkan pasukan musuh terpeleset dan tenggelam diantara es-es yang mencair. Sisanya pasukan-pasukan Barat pada melarikan diri. Pasukan Alexander Nevsky memperoleh kemenangan.

Dampak dari kekalahan ini ialah moral Katolik Roma merosot dan sebaliknya moral Kristen Ortodox naik berkali-kali lipat. Pihak Barat akhirnya meminta supaya pasukan Nevsky tidak melanjutkan invasi ke Barat. Alexander Nevsky berpendapat bahwa ia hanya mempertahankan negerinya dan tidak berkeinginan melanjutkan invasi ke Barat. Diadakanlah kesepakatan bahwa pasukan Barat tidak akan menyerang Timur lagi.

Alexander Nevsky dianggap pahlawan oleh orang-orang Russia hingga kini karena berhasil menghentikan invasi Barat ke Timur dan menyelamatkan Kristen Ortodox hingga hari ini. Seandainya beliau gagal, Kristen Ortodox mungkin punah dan Russia mungkin tidak berdiri sebesar sekarang ini. Jika Kristen Ortodox berhasil dikalahkan, mungkin tidak akan ada Reformasi Gereja,

Pada Perang Dunia ke-2, ketika Jerman menginvasi Russia, nama Alexander Nevsky diangkat-angkat dan dipropagandakan oleh Uni Soviet untuk meningkatkan moral pasukan Uni Soviet yang bertempur karena beliau datang dari jaman sebelum kekaisaran Russia. Bahkan, Kantor-Kantor Pemerintah Russia memajang gambar beliau atas jasanya yang sangat besar untuk Russia modern ini.

Sedangakan Barat, sampai saat ini masih tidak bisa melupakan kekalahan memalukan ini dan sangat membenci kehadiran tokoh ini terutama bagi kalangan kepausan.

Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga artikel kecil ini bermanfaat bagi kita semua. Mohon dimaafkan jika ada kesalahan. Kritik dan Saran kami terima. Terima kasih Wassamualaikum Wr.Wb


2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada MBAH SELONG yang
      telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya
      sekarang udah hidup tenang karena orang tuaku udah buka usaha dan
      punya modal untuk buka bengkel skrang pun orang tuaku tidak di
      kejar-kejar hutang lagi…dan keluarga Kami di berikan Angka
      Ritual/Goib Dari mbah yg sangat Jitu 100%dijamin
      tembus…hingga keluarga kami sekarang merasa tenang
      lagi…terima kasih mbah…Jika Anda ada yg merasa kesulitan
      masalah Nomer ToGEL silahkan hbg Aja MBAH SELONG
      dinmr hp beliau (081-322-565-355) ATAU KLIK SITUS KAMI
      dan saya sudah membuktikan 3kali berturut2 tembus terimah kasih

      Hapus