Sabtu, 05 November 2016

Resume SSPI Pertemuan II

Selamat Malam, kembali lagi saya menulis resume tentang SSPI ini. Hari ini saya banyak menemukan materi-materi baru. Ok kita langsung ke pembahasan

Malam ini kita akan meneruskan lanjutan Sejarah Yahudi dan Nasrani kemarin. Dimana Masjidil Aqsa yang merupakan kiblat pertama umat Islam sebelum dipindahkan ke Masjidil Haram ternyata didatangi sekitar 18-19 Nabi. Masya Allah betapa bersejarahnya tempat ini. Akan sangat menyesal jika kita belum sempat seumur hidup kita untuk menyempatkan diri ke tempat ini.

Masjidil Aqsa dibangun oleh Nabi Ibrahim as berjarak hanya 40 tahun dari Pembangunan Masjidil Haram di kota Mekah. Dalam komplek di Masjidil Aqsa terdapat beberapa mesjid seperti Masjid Qibli yang merupakan kiblat pertama umat muslim dan Baitul Muqaddas yaitu tempat Siti Maryam melarikan diri dan menjauhkan diri dari masyarakat akibat bayi yang dikandungnya.

Mari kita membahas ke Nabi Ya'qub dimana beliau mempunyai keturunan 12 suku yang tersebar dari Israel hingga Mesir. Singkat kata, 6 kepala suku yaitu: Reuben, Simon, Levi, Issachar, Yahuda, Zebulun iri hati atas perlakuan Nabi Ya'qub kepada Yusuf dan Bunyamin. Mereka sepakat untuk membuang Yusuf ke sumur hingga ditemukan oleh saudagar untuk dijual di pasar budak dan kemudian diangkat menjadi anak angkat bangsawan Mesir. Kisah ini mirip dengan Nabi Danil(Daniel) dimana beliau dibuang namun yang menemukan beliau adalah seekor singa yang mengasuhnya hingga dewasa.

Rasulullah SAW pernah bersabda jika yang menemukan kuburan Nabi Danil akan masuk surga. Dan para sahabat langsung serta merta mencari kuburan beliau dan yang menemukan adalah Abu Musa Al-Asy'ari ketika lagi bertempur melawan Kerajaan Persia dan menemukan kuburan Nabi Danil di bawah reruntuhan Istana Persia.

Mari kita kembali ke Nabi Ya'qub. Setelah Suku Yahudi semakin banyak kedua belas kepala suku meminta kepada Allah untuk menunjuk raja bagi mereka. Ditunjuklah oleh Allah seorang raja bernama Thalut yang berasal dari kalangan biasa dan kurang terpandang. Hal ini dijelaskan dalam Al-Baqarah 246-247. Dalam ayat ini menjelaskan syarat menjadi pemimpin dan akibat yang salah akibat dalam memilih pemimpin.

Setelah Raja Thalut meninggal, kemudian diteruskan oleh Nabi Daud as(David) dan Nabi Sulaiman as(Solomon). Setelah beliau meninggal suku Yahudi semakin berkembang dan membentuk Agama Yahudi. Nabi Zakaria as, Nabi Yahya as dan Nabi Isa as mereka bunuh karena mereka mengajarkan agama Allah yakni Islam.

Tentang permasalahan lahirnya Nabi Isa as yang disebutkan di Surat Maryam bahwa Nabi Isa as lahir di perkebunan pohon kurma, di dataran rendah dan dekat anak sungai serta tempat yang sangat jauh, maka tempat yang paling tepat ialah Jericho bukan Baitul Lahmi(Betlehem) seperti yang kita pahami sebelumnya.

Setelah Nabi Isa as meninggal, terjadi masa kekacauan dan kegelapan dimana akhirnya pada konsili Nicea dimana para pemuka bergabung pada tahun 325 M dibawah pimpinan Konstantinus(Konstantin yang Agung) lahirlah agama Nasrani yang menjadikan  Yesus sebagai Tuhan. Pada zaman sebelumnya orang-orang yang beriman kepada Allah dibunuh dan dicungkil matanya. Sangat kejam dan tidak berperikemanusiaan sekali.

Demikian yang saya bisa jabarkan, Mohon maaf jika ada salah terima kasih semuanya,
Wassamualaikum Wr.Wb.


#sspiintermediet
#omahperadaban




0 komentar:

Posting Komentar